Jumat, 12 Juni 2009

Tips memilih BB yang baik dan benar

BB kepanjangan dari Ball Bearing / Bullet Ball / Baby Ball dengan ukuran diamter 6mm. Umumnya, airsoftgun menggunakan peluru tersebut dalam setiap permainanya. Pemilihan BB yang baik sangatlah penting, karena kesalahan dalam memilih BB  dapat berakibat pada tembakan yang tidak akurat, airsoftgun macet, bahkan dapat merusak mekanisme airsoftgun. Selain itu perlu juga memperhatikan berat dan warna dari BB tersebut, sesuai kebutuhan. Untuk memilih BB yang baik dan tepat, tidaklah sulit, berikut tips cara memilih BB yang baik :

1. Pilih BB dengan permukaan licin, dan bulat utuh, tidak ada bekas sambungan plastik, tidak ada permukaan yang kasar maupun tidak rata. Hal ini ditujukan agar sewaktu BB masuk ke chamber di receiver dan innner barrel, tidak ada BB yang macet.

2. Pilih BB dengan warna kuning cerah seperti jingga cerah, atau merah cerah. Hal ini ditujukan agar sewaktu menembakan BB, kita dapat melihat BB yang terlontar dari laras airsoftgun kita, sehingga memudahkan dalam "melacak" arah tembakan kita. Hal ini terutama sangat penting pada saat kita akan menyetel "hop-up", atau sedang mengukur arah angin, karena jika kita memakai BB berwarna biru, merah tua, atau putih, seringkali BB yang terlontar tidak terlihat oleh mata, karena secara visual, warna kuning cerah, jingga cerah, dan merah cerah saja yang dapet merefleksikan cahaya meski di siang hari yang sangat terang, juga di malam hari, saat intensitas cahaya cukup rendah.

3. Berat BB juga sangat berperan penting dalam bermain airsoftgun. Untuk airsoft model AEG atau high-power airsoftgun, dengan FPS antara 230-300, bisa memakai BB dengan berat 0.12g, 0.15g, dan 0.2g. Untuk airsoft dengan FPS di atas 300 (biasanya model sniper rifle, atau airsoft yang sudah diupgrade) sangat disarankan untuk memakai BB dengan berat 0.2g, 0.25g, 0.30g, agar dalam menembak tidak ada BB yang terlalu melayang karena tidak seimbangnya berat BB dengan tenaga yang melontarkan BB tersebut. Untuk permainan outdoor, sangat penting dalam mengukur kecepatan angin, jika dirasa angin agak kencang, maka sebaiknya menggunakan BB dengan berat minimal 0.2g.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar